Tuesday, October 4, 2011

Cara Crimping Kabel

wah, crimping itu gampang-gampang susah sahabat. Kadang mengregetkan, kadang juga menyusahkan (nah lho, sama aja yah :p)  ya pokoknya gampang-gampang susah deh. Nah ini mia mau ngasih info tentang cara mengcrimping kabel. Disimak baik-baik yah :


1. Bahan yang kita butuhkan adalah eng ing eng ....


  • Connector RJ-45    : konektor yang akan terhubung pada setiap perangkat yang akan dihubungkan, pemasangan harus pas supaya komunikasi data juga maksimal 

  • Kabel UTP               : Kabel UTP ini, fungsinya sebagai media penghubung antar computer 

  • Tang Crimping         : Penting banget ini alat, kalo gak tangan kita yang keriting, hhehe fungsinya itu sebagai digunakan untuk memasang kabel UTP ke konektor, memotong kabel, dan merapatkan konektor
  • Kabel Tester         : Fungsinya untuk mengecek apakah kabel kita bisa dipakai atau tidak

Berikut ini langkah-langkahnya sahabat blogger, checkedot 
1. Siapkan semua alat dan bahan yang akan digunakan untuk crimping (jangan sampai kabelnya tidak termasuk bahan yang disiapkan, crimping tangan yah wkwkwk)
2. Kupas kabel UTP menggunakan pengupas yang sudah disediakan oleh tank crimping. Kupas perlahan hingga kedelapan kabel terlepasHati-hati jangansampai memotong atau mengelupas salah satu dari kedelapan kabel tersebut.

3. Urutkan kabel UTP dari kiri ke kanan,
Standar 568 A memiliki kode warna kabel :
1.
putih oranye
2.
oranye
3.
putih hijau
4.
biru
5.
putih biru
6.
hijau
7.
putih coklat
8.
coklat
Standar 568 B memiliki kode warna kabel :
       1. putih hijau
2.
hijau
3.
putih oranye
4.
biru
5.
putih biru
6.
oranye
7.
putih coklat
8.
coklat

4. Potong, luruskan kemudian ratakan kedelapan kabel yang sudah diurutkan tadi. kita harus memangkasnya agar rata, anda bisa menggunakan gunting atau bisa juga menggunakan tools yang telah tersedia di tank crimping. Untuk menjaganya tetap rapi ketika memasang konektor nanti, pangkaslah hingga menyisakan kira-kira sepanjang ruas atas ibu jari kita lebih sedikit.


5. Pasang kabel UTP ke dalam RJ-45 dengan posisi pengunci RJ-45 berada di lawan arah depan kita (bingung -.-) 

6. langkah selanjutnya, kunci RJ-45 yang sudah dimasukkan kedalam RJ-45 menggunakan tang crimping. 


7. Jepit kabel sampai berbunyi klik, (kayak lagunya usi yah) tapi kadang-kadang gak bunyi klik sih (kalo RJ-45nya murah) hhehe


8. Nah akhirnya saatnya pengetesan, gunakan kabel tester. Masukkan ujung kabel yang sudah diberi konektor kedalam port RJ-45 di kabel tester. Geser tombol, kalau lampu di sisi satu dan sisi dua sama-sama menyala berarti kabel kita berhasil. Kalau salah satu menyala dan satunya tidak, yaahh bongkar lagi deh

Semoga berhasil yah sobat :)


Sincerely
Ayu Islamiyati
tel : +6281937063639
fax:
ayu.islamiyati@yahoo.com
http://daraniatkj2.blogspot.com/
Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Komentar Anda adalah perbaikan untuk saya
Share is Beautiful

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews